A. MACAM MACAM METODE PEMBELAJARAN
Ada beberapa macam metode yang dapat digunakan guru dalam menyampaikan
pembelajarannya kepada siswa yaitu sebagai berikut
1)
Metode Tanya Jawab
Metode tanya
jawab merupakan cara lisan menyajikan bahan untuk mencapai tujuan pengajaran.
Kelebihan
metode tanya jawab
- Guru dapat mengetahui penguasaan pelajar terhadap bahan yang telah disajikan
- Dapat digunakan untuk menyelidiki pembicaraan-pembicaaraan untuk menyemangatkan pelajar
Kelemahan
metode tanya jawab
- Guru hanya memberikan giliran pada pelajar tertentu saja
- Hanya dikuasai oleh siswa yang pandai
2)
Metode Diskusi
Metode diskusi adalah suatu cara mengajar dengan cara
memecahkan masalah yang dihadapi, baik dua orang atau lebih yang masing-masing
mengajukan argumentasinya untuk memperkuat pendapatnya.
Tujuan metode ini adalah
Ø Memotivasi atau memberi stimulasi
kepada siswa agar berfikir kritis, mengeluarkan pendapatnya, serta
menyumbangkan pikiran-pikirannya.
Ø Mengambil suatu jawaban actual atau satu rangkaian
jawaban yang didasarkan atas pertimbangan yang saksama
Macam-macam diskusi yaitu
1) Diskusi informal
2) Diskusi formal
3) Diskusi panel
4) Diskusi simpusium
Kelebihan metode Diskus
Ø Terjadi interaksi yang tinggi antara
komunikator dan komunikan
Ø Dapat membantu siswa untuk berfikir
lebih kritis
Ø Memotivasi atau memberi stimulasi
kepada siswa agar berfikir kritis, mengeluarkan pendapatnya, serta
menyumbangkan pikiran-pikiranny
Kekurangan metode Diskusi
Ø Alokasi waktu yang sulit karena
banyak memakan waktu
Ø Tidak semua argument bias dilayani
atau di ajukan untuk dijawab
3)
Metode Ceramah
Metode ceramah adalah metode memberikan uraian atau
penjelasan kepada sejumlah murid pada waktu dan tempat tertentu. Dengan kata
lain metode ini adalah sebuah metode mengajar dengan menyampaikan informasi dan
pengetahuan secara lisan kepada sejumlah siswa yang pada umumnya mengikuti
secara pasif.
Metode ini disebut juga dengan
metode kuliah atau metode pidato.
Kelebihan metode ceramah
Ø Materi yang diberikan terurai dengan
jelas
Kekurangan metode ceramah
Ø Guru lebih aktif sedangkan murid
pasif karena perhatian hanya terpusat pada guru saja.
Ø Murid seakan diharuskan mengikuti
segala apa yang disampaikan oleh guru, meskipun murid ada yang bersifat kritis
karena guru dianggap selalu benar
- Untuk bidang studi agama, metode ceramah ini masih tepat untuk dilaksanakan. Misalnya, untuk materi pelajaran akidah.
4)
Metode Microteaching
Metode
microteaching merupakan suatu latihan mengajar permulaan bagi guru atau calon
guru dengan scope latihan dan audience yang lebih kecil dan dapat dilaksanakan
dilingkungan teman-teman setingkat sendiri atau sekelompok siswa dibawah
bimbingan dosen pembimbing atau guru pamong.
Kelebihan
metode microteaching
- Microteaching merupakan pengalaman laboratoris
- Microteaching dapat membantu dan menunjang pelaksanaan praktek keguruan
- Microteaching dapat mengurangi kesulitan pengajaran di kelas
- Microteaching memungkinkan ditingkatkannya pengawasan yang ketat dan evaluasi yang mantap, teliti, dan obyektif
- Dengan adanya feed back dalam microteaching yang beruupa knowledge of resulte dapat diberikan langsung secara mendalam
- Diharapkan mahasiswa mempunyai bekal yang lebih kuat, luas, dan mendalam
Kelemahan
metode microteaching
- Dapat menimbulkan efek departementalisasi atau ketrampilan mengajar dan bila tidak diteruskan dengan praktek mengajar secara menyeluruh
- Pengertian microteaching disalah tafsirkan dapat hanya menitik beratkan pada ketrampilan guru sebagai pengantar saja, bukan guru dalam arti luas
- Microteaching yang ideal memerlukan biaya yang banyak, peralatan mahal, dan tenaga ahli dalam bidang teknis maupun dalam bidang pendidikan pengajaran pada umumnya dan metodologi pengajaran pada khususnya
- Menuntut perencanaan, pengetahuan, dan pelaksanaan yang cermat, mendetail, logis, dan sistematis
5)
Metode Karya Wisata
Metode karya
wisata merupakan metode mengajar yang dilaksanakan dengan mengajak siswa
kesuatu tempat atau obyek tertentu diluar sekolah untuk mempelajari atau
menyelidiki sesuatu.
Kelebihan
metode karya wisata
- Siswa dapat berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang dilakukan oleh para petugas obyek karya wisata itu serta mengalami dan menghayati langsung
- Siswa dapat melihat kegiatan para petugas secara individu atau kelompok dan menghayatinya secara langsung
- Siswa dapat bertanya jawab menemukan sumber informasi yang pertama untuk memecahkan segala macam persoalan yang dihadapi
- Siswa memperoleh bermacam-macam pengetahuan dan pengalaman yang terintegrasi
Kelemahan
metode karya wisata
- Karena dilakukan diluar sekolah dan jarak yang cukup jauh maka memerlukan transport yang mahal dan biaya yang mahal
- Menggunakan waktu yang lebih panjang dari pada jam sekolah
6)
Metode Demonstrasi
Metode
demonstrasi merupakan metode mengajar dimana seorang instruktur atau tim guru
menunjukkan, memperlihatkan suatu proses.
Kelebihan
metode demonstrasi
- Perhatian siswa lebih dapat terpusatkan pada pelajaran yang diberikan
- Kesalahan-kesalahan yang terjadi bila pelajaran itu diceramahkan dapat diatasi melalui pengamatan dan contoh yang konkrit
- Memberi motivasi yang kuat untuk siswa agar lebih giat belajar
- Siswa dapat berpartisipasi aktif dan memperoleh pengalaman langsung
Kelemahan
metode demonstrasi
- Bila alatnya terlalu kecil atau penempatannya kurang tepat menyebabkan demonstrasi itu tidak dapat dilihat jelas oleh seluruh siswa
- Bila waktu tidak tersedia cukup, maka demonstrasi akan berlangsung terputus-putus atau berjalan tergesa-gesa
-
A. KESIMPULANSemua metode mengajar yang telah disebutkan di atas memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Suatu metode yang cocok diterapkan dalam suatu suasana belajar- mengajar apabila metode tersebut cocok dengan suasana yang sedang berlangsung. Tidak ada metode yang paling baik yang ada hanyalah bagaimana cara seorang pendidik mampu melihat kondisi anak didiknya untuk menerapkan metode mengajar yang paling cocok untuk peserta didiknyaB. SARANBerdasarkan dalam penelitian maka saran yang di kemukakan adalah sebagai berikut· Sebaik nya dalm kegiyatan pores belajar seorang guru harus memperhatikan suasan pada saat suasana berlangsung· Pada saat kegiyatan belajar sebaik nya seorang guru tidak hanya mengunakan satu metode saja dan apaila ada materi prkete harus segera dipraktekan
-
DAFTAR PUSTAKASanjaya,Prof.Dr.Wina,M.pd.(2010).Strategi Pembelajaran Berorentasi Setandar Proses Pedidikan. Jakarta: Kencana.Sayiful,Prof.Dr.Segala,M,pd.(2011).Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
0 komentar:
Posting Komentar